Sabtu, 02 Januari 2010

Syarat Tumbuh Tanaman (1)

Teringat waktu kuliah dulu di Fak. Pertanian Universitas Muhammadiyah Malang, bahwa Tanaman yang tumbuh disekeliling kita itu memiliki persyaratan tumbuh juga loh..agar dapat Tumbuh dengan Baik.
Adapun Syarat tumbuh atau kebutuhan yang harus dipenuhi tanaman ada 5 unsur aktivitas kehidupan yang digunakan oleh tanaman secara simultan tanpa kecuali. Setiap varietas atau jenis tanamanberbeda kebutuhannya tergantung umur,masa pertumbuhan, musim, dan sebagainya. Kelima unsur tersebut adalah :
1.Cahaya
Matahari merupakan sumber energy alami yang memberikan cahaya dan panas kepada tanaman, kemudian cahaya yang diterima tanaman diproses melalui proses Fotosintesis untuk membentuk karbohidrat, yaitu suatu senyawa yang kaya energy dan unsur organic yaitu sumber energy kehidupan tanaman dan makluk hidup lainnya.Kebutuhan cahaya matahari berbeda-beda pada pelbagai jenis tanaman.
2.Suhu
Suhu merupakan factor yang penting dalam kehidupan, pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Suhu yang ideal atau optimal akan menciptakan kondisi yang ideal pula bagi tanaman untuk melangsungkan proses kimianya.
3.Air
Air merupakan unsur penyusun semua jaringan tanaman,hampir 70-80% jaringan tanaman terdiri dari air. Air merupakan pelarut dan pengangkut unsur hara ke seluruh jaringan tanaman.Merupakan mesin pengontrol keseimbangan kondisi termal dan tekanan turgor pada jaringan tanaman.Kebutuhan air setiap tanaman berbeda-beda, ada tanaman yang suka banyak air adapula yang suka sedikit air, contohnya tanaman kaktus.
4.Udara
Ada dua macam gas/udara yang dibutuhkan tanaman yaitu, 1. Karbon dioksida yang digunakan dalam proses Fotosintesis. 2. Oksigen yang digunakan tanaman didalam proses pernafasan.
5.Hara Tanaman
Unsur hara merupakan Hara yang dibutuhkan tanaman guna menciptakan kondisi pertumbuhan yang optimal. ada 16 unsur hara yang dibutuhkan tanaman, Karbon, Hidrogen, Oksigen, Nitrogen, Fosfor, Kalium, dan sebagainya.
Kelebihan maupun kekurangan salah satu unsur tersebut akan menimbulkan kelainan pertumbuhan tanaman.