Rabu, 08 Mei 2013

TERATAI...SUNGGUH INDAH BUNGAMU

Teratai (Nelumbo nucifera Gaertn.) adalah tanaman air yang sangat indah yang merupakan tanaman asli dari daratan Asia. Teratai dibuddidayakan di kolam-kolam, kadang tumbuh liar di rawa-rawa. Terna, tumbuh tegak dengan rimpang yang tebal dan tumbuh menjalar. Daun dan bunga keluaar langsung dari rimpang yang berada dilumpur pada dasar kolam. Helaian daun bulat dan lebar, diameter 30-50 cm, disangga oleh tangkai yang panjang dann bulat berdiameter 0,5-1 cm, panjang tangkai 75-150 cm. Dauan menyembul keatas permukaan air, menjulang tegak seperti perisai. Permukaan daun berlilin, berwarna hijau keputihan, tepi rata dan bagian tengah agak cekung.
          Bunga harum, tumbuh menjulang diatas permukaan air dengan tangkai bulat panjang dan kokoh, diameter bunga 15-25 cm, benang sari banyak, kepala sari berwarna kuning, mahkota bunga lebar berwarna merah jambu, putih dan kuning. Bunga mekar seharian penuh dari pagi sampai sore.
          Seluruh tanaman teratai berkhasiat obat seperti rimpang, daun, tangkai, bunga, benang sari, biji, penjangga bunga yang mirip sarang tawon serta tunas biji. Akar berkhasiat menghentikan pendarahan, membuyarkan darah beku, dan penenang. Biji teratai berkhasiat menurunkan tekanan darah,menguatkan limpa dan menambah nafsu makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar