Sabtu, 27 September 2014

PENJARANGAN BUAH JERUK sp

Penjarangan Buah Jeruk adalah kegiatan mengurangi jumlah buah yang terdapat dalam setiap pohon jeruk hingga sesuai dengan daya dukung tanaman untuk  tujuan menghasilkan buah bermutu, ukuran seragam (grade AB dan C), memperpanjang masa berbuah, menjamin kontinuitas produksi dan mengurangi resiko kerusakan/kematian tanaman serta memperpanjang umur produktif tanaman. Kultur Teknis Penjarangan buah berdasarkan umur tanaman adalah  sebagai berikut:
1.      Tanaman Belum Menghasilkan umur 1 tahun (TBM 1):
-         Karena tanaman masih muda umurnya maka lakukan penjarangan buah 100%. Artinya pangkas atau buang semua buah yang ada di pokok jeruk tanpa ada toleransi.
-          Penjarangan dapat dilakukan bersamaan dengan pemangkasan pemeliharaan dan dilakukan rutin sesuai jadwal yang telah ditentukan.
2.      Tanaman Belum Menghasilkaan umur 2 tahun (TBM 2) :
-         Penjarangan buah dilakukan sekitar 70-80% dari total buah yang ada dipokok.
Artinya setiap pokok yang memiliki sekitar 10 buah, maka sisakan 2-3 buah sedangkan selebihnya dipangkas dan dibuang.
-         Penjarangan di TBM 2 harus melihat postur tanaman, jika Diameter batang besar dan postur tanaman sehat maka penjarangan buah dilakukan sekitar 70-80% seperti ketentuan diatas, tapi jika kebalikannya maka sebaiknya buah dibuang semua.
-         Penjarangan dapat dilakukan bersamaan dengan pemangkasan pemeliharaan dan dilakukan rutin sesuai jadwal yang telah ditentukan.
3.      Tanaman Belum Menghasilkan umur 3 tahun (TBM 3) atau Tanaman menghasilkan (TM 1)  :
-         Penjarangan buah berdasarkan hitungan jumlah daun pendukung. Setiap buah harus didukung oleh sekitar 25-30 helai daun yang sehat atau setara dengan 2-3 buah per tangkai buah. Atau penjarangan buah dapat dilakukan sekitar 20-30% dari total buah yang terdapat dipokok.
-         Lakukan penjarangan saat buah sebesar kelereng (diameter 2 cm) dan setelah buah selesai mengalami masa gugur ( diameter 4 cm).
-         Jarangkan dan petik buah yang tumbuh lebih dari 3 buah dalam 1 tangkai dan sisakan 1 sampai 2 buah saja, buah yang dijarangkan adalah buah tidak normal/sakit, cacat, dan terserang hama - penyakit tanaman, atur posisi buah supaya tidak saling bergesekan atau terjepit ranting pohon.
-         Kumpulkan semua buah hasil penjarangan ke dalam karung dan buang  ketempat yang telah ditentukan.
-         Penjarangan buah di TBM 3 dan TM harus dialokasikan kegiatan dan waktu khusus.
Sumber: Eko Susanto.SP